Makanan Tinggi Kolesterol Yang Harus Anda Hindari

Makanan pantangan kolesterol bermacam-macam. Kadar kolesterol yang tinggi tidak bisa dianggap remeh, dan penyebab seseorang memiliki kadar kolesterol yang tinggi karena makanan yang ia konsumsi mengandung kolesterol yang tinggi.

Kolesterol atau komponen lemak ini jika dibiarkan lama-lama, maka akan sangat membahayakan dan mengendap pada dinding arteri, hingga membuat organ tubuh lainnya seperti jantung, otak, dan bagian tubuh lainnya terhambat.

Lalu apa saja daftar makanan kolesterol tinggi ? Anda dapat cek daftar makanan penyebab kolesterol, yang mungkin saja Anda mengonsumsinya sehingga menyebabkan kolesterol yang tinggi pada Anda.

1. Gorengan

Gorengan mengandung lemak jahat yang berasal dari bagaimana menggorengnya, kadang kita tahu bahwa banyak penjual gorengan yang memanfaatkan minyak jelantah atau minyak bekas untuk kemudian di goreng kembali. Bayangkan saja betapa menumpuknya lemak dalam gorengan yang Anda makan? Minyak tersebut mengandung lemak jahat yang membahayakan tubuh dan dapat menyebabkan kolesterol.

2. Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji seperti fried chicken, burger, pizza, dan makanan junk food lainnya juga termasuk makanan kolesterol tinggi. Makanan cepat saji selain termasuk makanan yang dapat membuat gemuk, namun juga asam lemak yang terkandung dalam makanan cepat saji dapat menyebabkan kolesterol yang tinggi.

Contohnya saja jika Anda membeli kentang goreng di salah satu restoran cepat saji memiliki kadar kolesterol sekitar 100mg. Untuk itu, jika Anda berada di luar rumah, lebih baik Anda mencari restoran yang menjual makanan rendah lemak untuk menghindari penyakit kolesterol.

3. Keju

Keju juga termasuk makanan yang harus dihindari penderita kolesterol. Sekilas keju memang sangat sehat untuk di konsumsi karena kandungan kalsium dan vitamin yang tinggi pada keju. Keju mengandung protein serta sumber kalsium yang baik untuk pertumbuhan, namun itu berlaku bagi anak-anak pada masa pertumbuhan, dan untuk orang dewasa justru kebalikannya, karena keju mengandung kolesterol yang membahayakan, yaitu berkisar 123 mg atau 14% dari nilai harian per 100 gram sajian.

4. Kuning Telur

Kuning telur menjadi bagian favorit setiap orang, karena bagian dalam telur ini mempunyai khasiat dalam mencerdaskan otak. Namun, tahukah Anda bahwa kuning telur juga mempunyai kadar kolesterol yang tinggi, kandungan kolesterol pada kuning telur berkisar 210 mg. Oleh karena itu, jika Anda mempunyai riwayat penyakit kolesterol disarankan untuk tidak mengonsumsi kuning telur, cukup putih telurnya saja.

5. Makanan Bersantan

Santan mengandung lemak jenuh, pada secangkir porsi santan kelapa terkandung 2,5 kali lemak jenuh yang membahayakan. Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati dan hindari makanan yang mengandung santan karena berisiko meningkatkan kadar kolesterol pada tubuh Anda.

Makanan santai sering kita temui saat lebaran, dimana makanan khas saat lebaran seperti opor, rendang, dan sayur-sayuran lainnya mengandung santan. Sebisa mungkin Anda harus menghindari makanan tersebut, terlebih jika Anda memiliki riwayat penderita kolesterol, maka akan membahayakan bagi tubuh.

6. Udang

Udang adalah makanan laut yang umumnya sangat digemari karena kandungannya dan berkhasiat menambah kecerdasan. Mengonsumsi udang juga harus dibatasi, terlebih pada penderita kolesterol. Karena di dalam udang terkandung 125 mg kolesterol per 100 gram.

Selain udang dapat menyebabkan gatal bagi yang alergi udang, mengonsumsi udang secara berlebihan juga dapat menimbulkan rasa pusing di kepala seperti sempoyongan. Jadi, hindarilah makan udang untuk menjaga tubuh dari kolesterol.

7. Es Krim

Makanan ini memang makanan yang paling di favoritkan, karena rasanya yang manis dan segar saat di makan. Bagi para penderita kolesterol es krim menjadi makanan pantangan yang tidak boleh di konsumsi. Es krim mengandung lemak jenuh dan memiliki kandungan kolesterol yang tinggi dan sama dengan 10 butir donat. Jadi, lebih baik Anda mengonsumsi buah daripada es krim sebagai desert atau makanan penutup.

8. Daging Berlemak

makanan tinggi kolesterol

Makanan lainnya yang mengandung kadar kolesterol tinggi adalah daging yang berlemak. Maksud daging yang berlemak disini adalah kornet sapi, steak, hot dog, sosis, iga sapi, daging olahan, dan bacon. Selain itu batasi juga mengonsumsi dalaman daging ayam atau sapi, seperti paru, limpa, ati, ginjal, usus, dan lain sebagainya karena tidak baik bagi kesehatan.

Jika Anda ingin mengonsumsi daging, Anda dapat menggantinya dengan daging rendah lemak seperti daging sapi bebas lemak, daging ayam tanpa kulit, karena kulit ayam mengandung banyak lemak jenuh di dalamnya. Anda menyukai hot dog atau steak, namun harus tetap menjaga daging yang Anda konsumsi nantinya. Mulailah menstok daging tanpa lemak, dan selalu menjaga kebersihan daging yang Anda konsumsi.

9. Makanan Dengan Kadar Garam Yang Tinggi

Makanan dengan kadar garam yang tinggi misalnya adalah jenis makanan yang menambahkan garam setelahnya, misalnya saja kripik singkong. Asupan sodium yang terkandung pada garam mengandung kadar kolesterol yang tinggi. Kerupuk juga menjadi makanan yang mengandung garam yang berlebih. Sebenarnya tubuh sudah menerima terlalu banyak garam, maka itu jangan sering mengonsumsi garam terlalu banyak.

10. Lapis Legit

Makanan ini sering ditemui saat jamuan pertemuan karena rasanya yang manis. Namun, makanan yang manis juga harus di hindari bagi penderita kolesterol, kadar gula bisa menyebabkan penyakit yang serius. Jenis makanan dengan kadar gula yang berlebih seperti martabak manis yang di dalamnya selain lemak jenuh juga kadar gula yang tinggi. Makanan jenis ini tidak diperuntukkan bagi penderita kolesterol.

11. Kue Tart

Kue dengan rasa manis ini memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi yang tidak cocok di konsumsi oleh penderita kolesterol. Sama seperti lapis legit, kandungan gula pada kue tart sangat tinggi.

12. Minyak Babi

Saat ini banyak makanan yang tercampur minyak babi di dalamnya, minyak babi mengandung lemak jahat yang tidak baik bagi kesehatan tubuh. Walaupun minyak babi memberikan cita rasa yang lezat pada makanan, minyak babi mengandung 95 gram kolesterol. Untuk itu hindari makanan di luar yang mengandung bahan minyak babi di dalam makanan Anda.

13. Ikan Belut

Ikan belut memang sangat lezat di konsumsi, saat ini belut bervariasi dibuat makanan. Contohnya kripik belut yang saat ini hits menjadi oleh-oleh. Namun, tidak baik di konsumsi bagi penderita kolesterol dan tidak baik pula di konsumsis secara berlebihan karena mengandung kolesterol sekitar 185 mg.

Itulah 13 makanan dengan kadar kolesterol yang tinggi, disarankan bagi para penderita kolesterol untuk mengganti bahan makanan dengan yang memiliki kandungan kolesterol yang baik, seperti kacang-kacangan, sayuran, buah-buahan yang baik bagi tubuh.

Baca : 10 bahan makanan penurun kolesterol yang efektif

Selain mengindari makanan-makanan yang menjadi pantangan bagi penderita kolesterol, kunci lainnya Anda harus melakukan olahraga secara rutin untuk menjaga tubuh tetap fit dan tidak stress. Dengan demikian Anda akan memiliki tubuh yang sehat. Selalu tetap jaga kesehatan karena datangnya penyakit tidak dapat dihindari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *