Mudah Turunkan Kolesterol Dengan Bahan Makanan Berikut Ini

Kolesterol menjadi salah satu penyakit mematikan yang telah membunuh banyak orang. Kolesterol disebabkan oleh kadar trigliserida yang terkandung di dalam darah. Kolesterol menyebabkan penderita mengalami disfungsi jantung yang berujung pada stroke dan meninggal dunia. Ada banyak cara menurunkan kolesterol, khususnya memakan makanan penurun kolesterol.

Penderita kolesterol biasanya memiliki banyak pantangan makanan terutama makanan berlemak dan berminyak. Namun ada beberapa makanan yang sering kita jumpai kesehariannya yang sangat ampun dalam menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Makanan tersebut tentunya terdiri dari buah-buahan dan sayuran yang lezat sekaligus menyehatkan. Berikut daftar 10 makanan penurun kolesterol.

Makanan Serta Sayuran dan Buah Penurun Kolesterol

makanan penurun kolesterol

1. Alpukat

Alpukat merupakan salah satu buah yang sering kita jumpai sekaligus buah yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Selama ini alpukat sering dianggap buah yang memiliki kandungan lemak yang banyak dan menyebabkan kolesterol. Namun ternyata anggapan tersebut salah besar. Alpukat memang memiliki kandungan lemak sebanyak 16 persen.

Lemak yang ada dalam alpukat sebenarnya merupakan susunan dari asam lemak tidak jenuh tunggal dan asam lemak tak jenuh. Lemak tersebut justru sangat baik bagi kesehatan manusia karena berfungsi sebagai antioksidan yang mencegah penyempitan pembuluh darah dan kerusakan arteri akibat penumpukan kolesterol jahat. Mengkonsumsi alpukat adalah cara mengatasi kolesterol dengan nikmat.

2. Jeruk nipis

Jeruk nipis sering kita jumpai sebagai bahan makanan campuran baik minuman atau bahan masakan untuk lauk. Buah yang masuk dalam kelas Citrus ini ternyata memiliki kandungan flavonoid dimana kandungan ini sangat berkhasiat dalam menghambat produksi kolesterol jahat dalam tubuh Anda. Jeruk nipis sebagai obat penurun kolesterol dapat dinikmati dengan berbagai cara.

Salah satu cara mengolah jeruk nipis agar ampuh menurunkan kolesterol adalah dengan meminum air perasan dicampur dengan air hangat. agar jeruk nipis lebh efektif dalam menurunkan kolesterol, pastikan untuk tidak menambahkan dengan gula atau pemanis berlebih. Akan tetapi apabila Anda tidak tahan dengan rasa masam jeruk nipis bisa ditambahkan gula sedikit saja.

3. Tomat

Makanan penurun kolesterol paling ampuh dan banyak ditemui di sekitar selanjutnya yaitu tomat. Tomat hampir selalu hadir di setiap masakan khas di Indonesia. Tomat mengandung senyawa likopen yang sekaligus merupakan senyawa pemberi warna merah cerah pada tomat. Senyawa likopen merupakan senyawa yang berperan sebagai antioksidan yang dapat mengurangi risiko stroke.

Selain likopen tomat juga mengangandung vitamin B dan kalium yang berperan dalam menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol. Untuk mendapatkan kandungan likopen secara maksimal, sebaiknya tomat terlebih dahulu dimasak. Laporan riset jurnal Mturitas mengungkapkan bahwa tomat yang dimasak terlebih dahulu memiliki khasiat yang sama dengan statin yaitu obat kimia penurun kolesterol.

4. Semangka

Semangka merupakan buah yang selalu ditemui di pasaran. Semangka sangat disukai masyarakat karena rasanya yang manis serta tekstur daging buah yang berair dan segar dapat menghilangkan rasa haus. Ternyata semangka merupakan salah satu buah penurun kolesterol yang sangat ampuh. Semangka memiliki kandungan likopen yang sangat kaya seperti hanya tomat.

Kandungan likopen inilah yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Mengkonsumsi semangka dapat dilakukan dengan berbagai cara. Bisa di konsumsi langsung, diolah menjadi es buah, jus, dan minuman lainnya. Namun perlu diingat ketika mengolah semangka tidak perlu menambahkan bahan pemanis lainnya untuk mendapat hasil yang maksimal.

5. Apel

Apel merupakan salah satu buah untuk menurunkan kolesterol yang banyak dijumpai. Apel dikenal sebagai buah yang di konsumsi bagi yang ingin menjalankan program diet. Dalam satu buah apel terkandung zat beta-glucan dimana zat tersebut sangat membantu dalam mengontrol produksi kolesterol dalam tubuh. Apel cukup ampuh mengatasi kolesterol terbukti dari hasil penelitian ilmiah dan riset.

Mengkonsumsi apel sebagai makanan penurun kolesterol bisa dengan cara dimakan langsung dalam keadaan segar, diolah menjadi minuman lezat seperti jus dan cuka apel. Meminum cuka apel setiap hari dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Itulah mengapa apel seringkali disebut sebagai buah lezat nan menyehatkan.

6. Pisang

Siapa yang menyangka ternyata buah yang selalu mewarnai buah-buahan tropis di Indonesia ini masuk ke dalam daftar buah yang dapat menurunkan kolesterol dengan ampuh. Selain mengandung serat yang baik bagi metabolisme tubuh manusia, pisang ternyata mampu mengurangi LDL atau kolesterol jahat. Kandungan kalium dalam pisang juga mampu menurunkan tekanan darah yang berujung pada kolesterol.

Untuk mengkonsumsi pisang agar ampuh menurunkan kolesterol sebaiknya dalam mengolah pisang tidak dengan cara menggoreng karena akan merusak senyawa positif dan juga minyak tersebut akan menambah kadar kolesterol. Sebaiknya pisang di konsumsi secara langsung atau diolah menjadi jus, smoothies, atau dibuat es krim pisang yang menyehatkan.

7. Buah Pir

Buah pir merupakan buah yang berasal dari pohon-pohonan genus Pyrus dengan ciri buah bulat berwarna kuning keemasan dengan daging buah putih dan tebal. Ciri buah pir sekilas mirip dengan apel hanya saja rasa dan warna serta tekstur dagingnya saja yang berbeda. buah pir memiliki tekstur daging yang lebih berair daripada apel. Buah pir menjadi salah satu buah yang ampuh menurunkan kolesterol.

Pir memiliki kandungan pektin yang sangat tinggi bahkan melebihi kandungan pektin pada apel. Serat larut air baik yang menyerupai gel pada daging buah pir serta kandungan pektin inilah yang sangat ampuh dalam menurunkan kolesterol jahat. Kandungan pektin juga dapat membantu membersihkan usus, mencegah kanker usus dan pastinya melancarkan metabolisme.

8. Gandum

Bagi Anda yang biasa mengkonsumsi gandum atau oatmeal sebagai makanan pengganti karbohidrat tentu sudah mengetahui manfaat gandum. Gandum memiliki serat baik yang mampu melawan kolesterol jahat. Bagi penderita kolesterol mengkonsumsi gandum sebagai pengganti makanan karbohidrat seperti nasi sangat dianjurkan sebab gandum dapat memberikan rasa kenyang sama seperti nasi.

9. Buncis

Buncis merupakan salah satu jenis sayuran yang sering kita temui. Buncis sering kali diolah sebagai salah satu bahan sup atau sayur bening. Ternyata sayur yang menyerupai kacang panjang ini sangat ampuh dalam menurunkan kolesterol. Buncis mengandung rendah lemak serta memiliki kandungan lemak tak jenuh ganda yang mampu melawan kadar kolesterol jahat.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, cobalah mengkonsumsi jus buncis secara rutin setiap harinya. Jus buncis selain mampu menurunkan kadar kolesterol juga membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Jika Anda tidak menyukai jus buncis, bisa dengan mengkonsumsi sup rendah lemak yang dicampur dengan potongan buncis. Pastikan untuk tidak memasak terlalu lama agar gizi tidak rusak.

10. Bayam

Sayuran penurun kolesterol selanjutnya yakni bayam. Mengkonsumsi bayam mampu melindungi kesehatan jantung sehingga sangat baik dalam menurunkan kadar kolesterol tinggi. Bayam melindungi jantung dari penumpukan lemak dalam jantung dan dalam darah yang mampu menghambat peredaran darah. Mengkonsumsi bayam dapat dilakukan dengan berbagai cara tergantung selera Anda.

Bagi anda yang sekarang yang ternyata memiliki kolesterol tinggi ? Tidak perlu khawatir. Anda cukup diet dengan cara mengkonsumsi makanan penurun kolesterol yang telah kita sebutkan diatas secara rutin. Semoga kolesterol anda segera normal. Sekian, semoga bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *