Penyebab Kolesterol, Gejala Dan Juga Cara Mengatasinya

Apa yang ada di benak anda ketika mendengar kata ini “Kolesterol”. Pasti sebagian besar dari anda sudah berfikir tentang penyakit. Memang benar, masyarakat kita sudah mengetahui bahkan teredukasi bahwa kolesterol identik dengan penyakit. Namun bukan kolesterolnya yang merupakan penyakit namun kadar kolesterol yang tinggi inilah yang seharunya disebut penyakit.

Apa sih sebenarnya kolesterol itu ? Menurut para ahli, kolesterol berwujud seperti lilin dan merupakan senyawa lemak (lipid). Kolesterol ada di dalam tubuh kita dengan dua macam cara. Pertama secara alamiah diproduksi oleh orang tubuh (liver). Kedua yaitu dari bahan makanan yang kita makan. Lalu apa hubungan kolesterol dengan kesehatan ? Tunggu dulu, kita masih perlu bahas kolesterol lebih jauh.

Fungsi Kolesterol

Tidak ada zat yang dihasilkan oleh tubuh secara alamiah melainkan pasti ada fungsinya. Alloh Sang Pencipta menciptakan manusia dengan berbagai macam sistem yang bekerja di dalamnya secara sinergis dan seimbang. Seperti juga zat ini. Kolesterol memiliki fungsi yang sangat penting untuk menunjang kehidupan kita.

Diantara fungsi kolesterol di dalam tubuh kita adalah sebagai berikut :

  • Membantu produksi hormon – hormon penting di dalam tubuh
  • Menjaga/memelihara dan menguatkan membrane sel
  • Berperan penting dalam pembentukan sel – sel otak
  • Pembentukan asam empedu dalam penyerapan lemak
  • Berperan penting dalam pembentukan Vitamin D

Dan berbagai macam fungsi lainnya yang semuanya itu berperan dalam menunjang kehidupan dan kesehatan manusia.

Hal yang perlu kita ketahui juga yaitu kolesterol tidak serta – merta mengalir dalam darah kita setelah diproduksi. Kolesterol membutuhkan senyawa lain yang akan membawa serta mengedarkannya ke seluruh tubuh. Senyawa itu disebut lipoprotein. Ada banyak lipoprotein yang membawa kolesterol di dalam tubuh kita. Namun yang dikaitkan dengan kesehatan biasanya ada dua macam.

1. LDL ( Low Density Lipoprotein)

LDL disebut dengan istilah kolesterol jahat. Mengapa demikian ? Fungsi LDL yaitu membawa kolesterol dari organ hati ke seluruh tubuh baik organ maupun jaringan. Oleh karena itu senyawa ini cenderung membawa kolesterol dalam jumlah banyak untuk diedarkan. Namun apabila jumlahnya berlebihan, akan tercecer pada di pembuluh darah dan dapat menimbulkan endapan. Inilah yang berbahaya.

2. HDL ( High Density Lipoprotein)

Apa itu HDL ? senyawa pengangkut kolesterol dari organ dan jaringan kembali menuju ke hati. Berbeda dengan LDL, HDL disebut dengan kolesterol baik, karena berfungsi membersihkan kelebihan kadar kolesterol yang ada dalam darah. Kolesterol ini kemudian sebaian akan didaur uland di organ hati dan sebagiannya lagi dibuang bersama kotoran.

kolesterol tinggi

Kolesterol Tinggi

Nah sampailah kita pada sebutan “Kolesterol” yang dijuluki penyakit. Diatas kita sudah singgung sedikit mengenai hal ini. Jadi bukan kolesterolnya yang merupakan penyakit. Namun kelebihan kadar kolesterol ini yang bisa menyebabkan penyakit. Karena dapat menimbulkan plak atau endapan di dalam pembuluh darah sehingga peredaran darah tidak lancar.

Kadar Kolesterol Normal

Segala seuatu memang tidak baik apabila berlebihan. Termasuk juga zat di dalam tubuh kita ini. Ada takaran normal agar dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Karena kolesterol larut bersama darah maka kolesterol diukur dalam satuan mg/dl (milligram per desiliter). Kadar kolesterol yang normal menurut sumber yang terpercaya yakni 200 mg/dl untuk orang dewasa yang sehat.

Nilai tersebut merupakan kolesterol total yang merupakan perpaduan dari LDL dan HDL. Kolesterol baik (HDL) normalnya lebih dari 60 mm/dl dan untuk LDL atau kolesterol jahat idealnya tidak lebih dari 100 mm/dl. Selain dua macam senyawa tersebut biasanya diukur juga kadar lemak darahnya yaitu trigeliserida yang normalnya tidak lebih dari 150 mm/dl dalam darah.

Penyebab Kolesterol Tinggi

Pertanyaannya adalah mengapa kolesterol dalam darah bisa lebih tinggi dari kadar normalnya ? Kalau kita melihat bagaimana kolesterol diproduksi. Bisa kita simpulkan bahwa salah satu faktor yang membuat kolesterol kita tinggi adalah makanan yang kita makan. Untuk lebih jelasnya berikut bebrapa faktor penyebab kolesterol tinggi.

1. Faktor Genetis

Familial Hypercholesterolaemia (FH) merupakan sebutan untuk penderita kolesterol tinggi karena faktor garis keturunan dalam keluarga. Memang ada hal yang sering diturunkan dari riwayat keluarga diantaranya yaitu penyakit jantung, kolesterol dan juga tekanan darah tinggi.

2. Makanan Yang Dikonsumsi

Inilah dia penyebab yang paling sering terjadi. Pola makan yang tidak sehat dapat menyebabkan berbagai macam penyakit dan kondisi tidak normal dalam tubuh. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan dengan kadar lemak jenuh yang tinggi merupakan penyebab kolesterol. Kuning telur, biscuit, keju, dantan, krim, jenis seafood tertentu, mentega dan teman – temannya merupakan makanan yang mengandung kolesterol tinggi.

Cari Tahu : 13 Makanan tinggi kolesterol yang perlu anda hindari

3. Kurang Aktifitas Fisik

Ini sudah pasti, tidak hanya kolesterol yang akan meningkat. Tekanan darah juga akan naik bila aktifitas fisik atau olahraga kurang porsinya. Olahraga bisa meningkatkan kolesterol baik (HDL) dalam darah yang akan menekan LDL. Bila HDL sedikit bisa jadi LDL anda meningkat.

4. Obesitas

Obesitas juga bisa diakibatkan dari kurangnya aktifitas fisik, shingga terjadi penimbunan lemak berlebih. Dalam waktu yang akan lama hal ini akan membuat berat badan anda berlebih (Obesitas). Orang yang memiliki obesitas (kelebihan berat badan) otomatis memiliki kandungan lemak berlebih dan juga kadar kolesterol jahat (LDL) diatas nilai normalnya.

5. Usia Lanjut

Faktor usia juga turut menjadi hal yang dapat menimbulkan kadar kolesterol tinggi. Namun jangan khawatir, apabila pola hidup sehat anda tanamkan sejak usia muda. Kemungkinan ini bisa juga tidak berlaku untuk anda.

Gejala Kolesterol Tinggi

Mungkin anda bertanya – tanya setelah membaca artikel ini ? Bagaimana kita bisa mengetahui kadar kolesterol normal atau tidak ? Adakah ciri – ciri kolesterol tinggi ? Menurut beberapa sumber yang kami rujuk. Sebagian menyebutkan bahwa tidak ada gejala klinis yang pasti. Namun sebagian yang lainnya menyebutkan beberapa hal berikut ini :

  • Sering kesemutan
  • Pegal – pegal atau nyeri pada punggung dan leher
  • Mudah lelah meskipun aktifitas tidak begitu padat
  • Sering sakit kepala dan pusing
  • Napas berat dan sering nyeri di dada

Kalau tidak ada gejala yang pasti, lalu apa yang harus dilakukan agar tahu bagaimana kadar kolesterol normal atau tidak ? Tidak ada cara lain selain melakukan cek darah. Anda bisa kontrol rutin ke dokter atau anda bisa membeli alat multicheck portable agar anda bisa mengecek kolesterol di dalam darah anda setiap saat.

Cara Pencegahan Dan Pengobatan kolesterol

cara mengatasi kolesterol

Setelah kita mengetahui bahaya yang ditimbulkan akibat kadar kolesterol yang tinggi. Maka seharusnya mulai sekarang kita mencoba untuk mencegahnya. Ini bagi anda yang belum atau anda yang memiliki faktor resiko lebih besar. Namun untuk anda yang telah terbukti memiliki tekanan darah tinggi segeralah berkonsultasi dengan dokter secepatnya.

Cara pecegahan kolesterol cukup mudah. Pada pembahasan penyebab kolesterol diatas sudah kita sebutkan setidaknya ada beberapa macam hal yang dapat membuat kolesterol menjadi tinggi. Jadi cara pencegahannya adalah berusaha untuk mencoba menghindari penyebab tersebut.

  • Menerapkan pola makan sehat setiap hari
  • Menjaga berat badan tetap ideal
  • Olahraga secara rutin
  • Pola hidup sehat (hindari alkohol dan rokok)
  • Hindari stress dengan berfikir positif

Baca lengkap : Daftar 10 bahan makanan penurun kolesterol secara alami

Sementara untuk pengobatan kolesterol tinggi yang dilakukan oleh dokter biasanya menggunakan obat – obatan dan juga disarankan untuk mengatur pola makan dan aktifitas fisik serta berat badan seimbang. Cara lain yang bisa anda lakukan yaitu dengan pengobatan alami dengan mengkonsumsi makanan penurun kolesterol atau herbal. Sekian, semoga bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *