Mengenal Beberapa Contoh Alat Kesehatan Dan Fungsinya

Kita mengetahui, ada banyak sekali jenis alat kesehatan yang ada di rumah sakit, klinik dan juga di pusat – pusat layanan kesehatan lainnya. Hal ini karena peralatan kesehatan merupakan sayarat mutlak sebuah layanan medis dapat beroperasi. Sekecil apapun fungsinya, alat tersebut harus ada di rumah sakit dan klinik. Berikut in akan dibahas beberapa contoh alat kesehatan dan fungsinya yang ada di rumah sakit ataupun klinik.

Definisi Alat Kesehatan

Kalau kita mengacu pada keterangan yang diberikan oleh kemenkes, kesehatan didefinisikan sebagai instrument, apparatus, mesin, implan yang tidak mengandung obat, yang berfungsi untuk mencegah dan mendiagnosis penyakit, meengobati orang sakit, dan meringankan sakit pada manusia dan untuk membentuk struktur dan jaringan tubuh. Kurang lebih definisinya demikian. Intinya bahwa peralatan yang berkaitan dengan kesembuhan dan perawatan orang sakit merupakan alat medis atau alat kesehatan.

Macam Alat Kesehatan Dan Fungsinya

1. Tensimeter

Tensimeter adalah alat kesehatan yang sudah tidak asing lagi bagi kita. Alat ini adalah alat yang digunakan untuk mengukur tekanan darah. Dalam bahasa medis alat ini dikenal dengan istilah Sphygmomanometer. Dulu kita hanaya mengenal dua jenis tensimeter yaitu tensimeter air raksa dan tensimeter jarum (aneroid) namun sekarang, kita telah mengenal adanya tensimeter digital.

2. Termometer

Sekilas sebutan alat ini mirip dengan alat yang pertama. Sama – sama mengandung kata “meter”. Memang benar, kedua alat ini memiliki persamaan yaitu sama – sama sebagai alat ukur. Termometer merupakan alat medis yang digunakan untuk mengukur suhu. Ada banyak jenis termometer di dunia ini. Salah satu yang digunakan dalam dunia kesehatan adalah termometer badan.

3. Inkubator Bayi

Ketika kita berkunjung ke rumah sakit besar, atau rumah sakit bersalin kita akan melihat alat ini. Inkubator bayi merupakan sebuah box bayi dengan perlindungan extra. Dindingnya terbuat dari bahan kaca sehingga kita bisa melihat ke dalam. Alat ini digunakan untuk merawat bayi prematur secara intensif agar perkembanganya masksimal. Perlu kita ketahui bayi prematur adalah bayi yang dilahirkan sebelum masa lahir normalnya kurang lebih 9 bulan. Oleh sebab itu perlu dilakukan perawatan yang ketat.

4. CPAP

Alat ini tentunya sangat asing sekali ditelinga kita sebagai orang awam. Ya, kita jarang sekali mendengar istilah CPAP. Sebenarnya CPAP adalah kependekan dari Continuous Positive Airway Pressure. Alat ini digunakan untuk terapi gangguan pernafasan yang sering disebut dengan sleep apnea. CPAP berfungsi untuk mengendalikan atau menjaga saluran nafas agar tetap terbuka pada saat penderita tertidur.

5. Alat Kejut Jantung (Defibrillator)

Alat kesehatan yang satu ini meupakan alat yang sangat dibutuhkan tentunya, karena alat ini merupakan alat penyelamat jiwa. Mengapa disebut demikian ? Ya, fungsi alat ini adalah untuk memberikan pertolongan pertama pada seseorang yang mengalami serangan jantung mendadak dan kondisi jantung mengalami fibrilasi ventrikel. Defibrillator bekerja dengan cara memberikan sengatan listrik yang membuat jantung berhenti sejenak dan kemudian memulai getarannya dengan normal.

Nah, mungkin ini saja yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga tulisan yang singkat ini dapat menambah sedikit wawasan kita bersama. Sekian dan terimakasih. Salam sehatpedia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *