Beberapa Alat Medis Di Ruang NICU Rumah Sakit

Pernahkah anda berkunjung ke rumah sakit ? Tentu saja pernah. Entah itu berkunjung atau anda sendiri yang dirawat di rumah sakit. Di sebuah rumah sakit tingkat daerah, terdapat banyak ruangan yang dibuat khusus untuk perawatan pasien tertentu, contohnya NICU. Yakni ruang khusus yang digunakan untuk merawat pasien bayi yang baru lahir.

NICU pada dasarnya sama fungsinya dengan ICU, hanya saja ICU digunakan untuk pasien dewasa sedangkan NICU digunakan secara khusus untuk pasien Neonatal atau Bayi Baru Lahir secara umum dan khususya untuk bayi – bayi yang mengalami gangguan Kesehatan tertentu.

Untuk melakukan tugasnya, tentu saja ruangan tersebut dibekali dengan tenaga medis khusus dan juga peralatan – peralatan Kesehatan khusus untuk bayi yang baru lahir. Berikut ini beberapa peralatan medis khusus yang terdapat di dalam ruang NICU.

Peralatan Medis Yang Ada Di Ruang NICU

Inkubator Bayi

Ya, ini adalah salah satu alat wajib yang harus ada di ruang NICU. Inkubator bayi digunakan untuk merawat secara intentsif bayi yang terlahir dalam kondisi premature. Walaupun demikian, banyak juga bayi yang terlahir premature tidak membutuhkan rawatan dalam alat incubator ini. Tentunya dokter lebih mengetahui, kondisi mana yang harus dirawat di dalam Inkubator ataupun tidak membutuhkan incubator.

Infant Warmer

Alat medis khusus selain incubator bayi yaitu Infat Warmer. Alat ini berfungsi untuk menghangatkan bayi yang lahir dengan gangguan hipotermia. Yakni sebuah gangguan dimana suhu badan bayi belum bisa menyesuaikan atau beradaptasi dengan linkungan. Sehingga bayi kerap kali merasa kedinginan. Oleh sebab itu, bayi diterapi menggunakan alat infant warmer hingga suhu tubuhnya stabil Kembali.

Buble CPAP

CPAP atau Continuous Positive Airway Pressure adalah satu alat yang digunakan untuk mempertahankan jalan nafas agar tetap terbuka dengan cara meniupkan udara dengan tekanan positif melalui mulut dan hidung. CPAP untuk bayi ditambahkan sebuah komponen khusus yaitu Buble yang berfungsi untuk melembutkan laju aliran udara. Alat ini digunakan untuk bayi yang mengalami gangguan pernafasan tertentu seperti sleep apnea atau sindrome apnea pada bayi.

Lampu Fototerapi

Alat Medis khusus yang digunakan di Ruang NICU berikutnya yaitu Lampu Fototerapi. Seperti namanya, alat ini memang digunakan untuk terapi pada bayi yang mengalami kondisi tertentu. Penyakit ini sering disebut dengan bayi kuning. Dimana muncul pigmen warna kuning pada kulit bayi. Hal ini terjadi kerena kadar bilirubin dalam darah terlalu tinggi. Salah satu cara yang digunakan adalah dengan terapi cahaya biru dengan menggunakan lampu fototerapi.

Ventilator Bayi

Hampir sama seperti Buble CPAP sebagai alat bantu pernafasan, hanya saja fungsi ventilator ini lebih vital. Ventilator digunakan untuk membantu proses pernafasan, menggantikan sebagian atau seluruh fungsi paru – paru pasien. Kondisi seperti ini biasanya dialami oleh bayi prematur yang organ parunya belum bisa berkembang secara maksimal.

Masih ada banyak lagi alat – alat medis yang digunakan secara khusus di dalam ruang NICU. Ulasan diatas hanya gambaran kecil dari semua alat yang digunakan di dalam ruangan tersebut. Sekian, semoga bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *